8 Jenis Makanan Sehat Dan Bergizi Untuk Tubuh Kita

8 Jenis Makanan Sehat Dan Bergizi Untuk Tubuh Kita

Makanan sehat dan bergizi – Makanan adalah kebutuhan utama bagi manusia untuk kelangsungan hidupnya. Selain itu makanan juga berguna faktor terpenting agar tubuh kita selalu terjaga dalam keadaan sehat dan fit. Makanan yang kita makan tidak harus membuat kenyang saja melainkan makanan tersebut harus sehat, bergizi dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar tubuh tetap terjaga kesehatannya. Makanan tersebut harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin yang harus seimbang dengan tubuh kita serta makanan tersebut harus higienis tidak mengandung penyakit.

Makanan yang bergizi dan mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh sangat sulit untuk dipilih. Terkadang kita memakan makanan yang mengandung nutrisi yang hanya bermanfaat untuk salah satu organ tubuh saja. Hal itu kurang baik bagi kesehatan, karena organ tubuh yang lain juga membutuhkan asipan nutrisi, sehingga penting sekali jika kita harus pandai memilih makanan yang bermanfaat untuk semua organ yang ada pada tubuh kita. Banyak sekali jenis makanan sehat namun berbahaya bagi kesehatan tubuh, berikut ini beberapa jenis makanan sehat baik untuk tubuh menurut sumber informasi kesehatan.

8 Jenis Makanan Sehat Dan Bergizi Untuk Tubuh Kita


Jenis Makanan Sehat Untuk Kesehatan Tubuh


inilah jenis makanan sehat dan bergizi yang baik untuk kesehatan tubuh kita menurut pakar informasi kesehatan, diantaranya :

1. Beras merah
Kandungan nutrisi dan serta yang ada pada beras merah sangat baik untuk penderita diabetes serta beras merah juga baik untuk mencegah datangnya gejala penyakit diabetes.

2. Brokoli
Jenis sayuran brokoli sangat banyak manfaatnya, terutama untuk mencegah berbagai penyakit. Antara lain penyakit jantung, kanker, tulang keropos, stroke dan masih banyak lagi. Hal tersebut dikarenakan brokoli mempunyai kandungan antioksidan, mineral, kalium, kalsium, zat besi, mineral, vitamin C, B, E, K dan beta karoten. Sehingga sangat baik bagi kesehatan.

3. Bayam
Sayuran bayam mempunyai fungsi untuk menghaluskan kulit, menghambat enzim tirosinase, menjaga setamina otot, memperbaiki kerja insulin, pembekuan darah yang benar dan masih banyak lagi.

4. Teh hitam
Kandungan pada teh hitam sangat banyak manfaatnya, antara lain meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, anti peradangan, mengobati jantung dan penyakit diabetes.

5. Ikan salmon
Kandungan omega 3 pada ikan salmon mampu untuk mnurunkan resiko kanker, memerangi penyakit jantung, mengobati mata kering dan melindungi sendi.

6. Yoghurt
Manfaat yoghurt dapat melancarkan pencernaan seperti diare dan mampu mengobati kondisi pencernaan, antara lain penyakit usus, kanker usus besar selain itu juga mampu untuk mengatur tekanan darah dan mencegah osteoporosis. Hal tersebut dikarenakan kandungan bakteri baik yang ada pada yoghurt.

7. Alpukat
Kandungan pada alpukat mampu untuk mencegah penyakit jantung, kanker, dan masalah mata. Karena alpukat mempunyai lemak tak jenuh dan kaya akan vitamin.

8. Telur
Telur kaya akan protein, vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi, memperkuat pengelihatan, menjaga berat badan, mengembangkan otak dan dapat mencegah gejala kanker payudara.

Baca juga : Dampak dan bahaya makan larut malam bagi kesehatan

Nah itulah tadi 8 jenis makanan sehat dan bergizi baik bagi tubuh yang bisa anda coba. Lengkapilah konsumsi makanan anda sehari hari dengan nutrisi yang cukup yang dibutuhkan oleh tubuh. Sekian dari artikel ini dan semoga bermanfaat untuk anda semua.

Share this:

Disqus Comments