7 Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Makanan sehat dan bergizi – Penting sekali memperhatikan pola makan utntuk ibu yang sedang menyusui, karena makanan yang sehat akan membuat produksi ASI melimpah dan berkualitas. Makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui sangat berpengaruh terhadap bayi. Jika makanan tersebut sehat dan bergizi maka bayi juga akan ikut sehat, lincah dan cerdas. Penting sekali bagi seorang ibu menyusui harus mengetahui tentang makanan yang sehat agar kualias ASI terjaga dengan baik. Jika anda tidak memperhatikan makanan yang anda makan hal tersebut sangat merugikan kesehatan anda dan kesehatan bayi anda. pastikan anda mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi anda, oleh sebab itu informasi kesehatan menyarankan anda untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

7 Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui


Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui


Berikut ini adalah makanan sehat dan bergizi untuk ibu menyusui yang bisa anda konsumsi, antara lain :

1. Ikan salmon
Salah satu jenis makanan yang sehat dan baik untuk ibu menyusui adalah ikan salmon. Ikan salmon mempunyai kandungan yang baik untuk kesehatan dan perkembangan  sistem syaraf pada bayi. Maka dari itu anda bisa mengkonsumsi ikan salmon ini karena baik untuk bayi.

2. Produk rendah lemak
Susu memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan bayi. Kalsium pada susu sangat bermanfaat untuk membantu tulang bayi supaya berkembang, selain itu susu juga berguna untuk memneuhi kebutuhan anda sendiri. Oleh sebab itu selalu sertakan susu di setiap menu makan anda.

3. Daging sapi rendah lemak
Bila anda sedang menyusui memungkinkan anda membutuhkan energy yang cukup banyak, oleh sebab itu konsumsilah makanan yang kaya akan zat besi, contohnya daging tanpa lemak. Selain itu anda juga membutuhkan protein tambahan dan vitamin B12 , jadi sumber makanan yang bisa memenuhi keduanya yaitu danging sapi tanpa lemak.

4. Kacang kacangan
Kacang kacangan kaya akan protein non hewani dan juga mengandung zat besi yang sangat bermanfaat untuk ibu menyusui. Jenis kacang kacangan tersebut meliputi kacang merah dan kacang hitam.

5. Blueberry
Buah blueberry memiliki manfaat baik untuk memenuhi kebutuhan ibu menyusui karena blueberry kaya akan antioksidan.  Selain itu blueberry juga kaya meniral dan vitamin yang berfungsi untuk menjaga tingkat energy tubuh.

6. Beras merah atau beras coklat
Katika seseorang sudah melahirkan memungkinkan mereka ingin sekali menurunkan berat badan, sehingga akan mengurang asupan karbohidrat. Hal tersebut tidak baik untuk kesehatan dan membuat produksi ASI menjadi sedikit sehingga seseorang akan menjadi lesu. Namun hal itu bisa teratasi dengan mengkonsumsi jenis karbohidrat yang sehat, contohnya beras merah, beras coklat, gandum dan roti gandum. Jenis makanan tersebut bisa membuat terjagagnya tingkat energy pada tubuh.

7. Sayuran hijau
Sayuran hijau sangat dibutuhkan oleh ibu untuk memproduksi ASI yang sangat diperlukan oleh bayi. Contoh sayuran hijau meliputi brokoli, kangkung dan bayam yang banyak mengandung sumber zat besi, kalsium non susu, antioksidan, vitamin C dan rendah kalori.

Baca juga : 5 tanda tanda awal pada kehamilan

Itulah tadi beberapa jenis makanan yang cocok dan sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Jenis makanan tersebut sangat dibutuhkan bayi untuk kesehatan dan perkembangan bayi. Semoga artikel tentang 7 jenis makanan sehat untuk ibu menyusui bermanfaat untuk anda semua, sekian terimakasih.

Related Posts: