7 Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid Yang Berlebihan

Cara mengatasi nyeri haid – Sudah menjadi hal yang wajar jika wanita setiap bulannya mengalami siklus menstruasi. Haid atau menstruasi terjadi karena embrio pada wanita sudah memasuki usia subur, sehingga sel telur tersebut pecah dan terjadilah haid. Namun jika haid yang di alami oleh seseorang menimbulkan rasa nyeri pasti akan menimbulkan efek jerah, karena sangat mengganggu sekali dengan aktivitas yang sedang dikerjakan.

Ketika seseorang sedang dalam fase haid lalu menimbulkan rasa nyeri, hal tersebut dikarenakan oleh  dinding rahim yang berkontraksi lalu timbullah iskemi jaringan dan pembulu darah terjepit. Namun anda jangan khawatir karena banyak cara untuk mengatasi nyeri haid tersebut. Nah kali ini informasi kesehatan akan memberikan tips untuk mengatasi nyeri haid dengan cara yang alami, aman dan ampuh tanpa menimbulkan efek samping.

7 Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid Yang Berlebihan


Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid Berlebihan


Berikut ini tips dan cara untuk mengatasi nyeri haid yang bisa anda coba :

1. Hindari pakaian ketat
Ketika anda sedang mengalami haid dan merasakan nyeri haid maka ada baiknya jika anda menghindari untuk memakai pakaian yang ketat. Sebaiknya anda memakai pakaian yang longgar, hal tersebut dikarenakan supaya tidak mengganggu ruang gerak anda saat sedang beraktifitas.

2. Mandi air hangat
Dianjurkan bagi anda ketika sedang haid untuk mandi dengan air hangat yang bertujuan supaya tubuh anda bisa rilaks. Dengan demikian nyeri haid yang anda alami akan berangsung menghilang.

3. Menungging
Ketika nyeri haid mengganggu anda, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menungging. Fungsi dari menungging ini adalah supaya rahim dapat tergantung ke bawah sehingga bisa membantu tubuh berelaksasi.

4. Kompres hangat
Ketika anda merasakan nyeri yang tak tertahankan, hal yang bisa anda lakukan adalah dengan mengkompres dibagian perut bawah dengan air hangat. Serta lakukan pijatan lembut pada bagia perut yang terasa nyeri. Tujuan kompres hangat yaitu agar peredaran darah menjadi lancar dan otot otot sekitar perut menjadi lebih rileks. Maka hal tersebut bisa mengurangi rasa nyeri.

5. Mengkonsumsi zat besi
Ketika seseorang sedang haid, mereka sangat rentan mengalami anemia. Sehingga sangat dianjurkan bagi mereka untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Contonya kacang kacangan, daun singkong, bayam, ubi merah, dll. Selain mengkonsumsi makanan yang zat besi, juga dianjurkan untuk mengkonsumsi buah buahan dan meminum air putih yang banyak supaya membantu tubuh menjadi lebih sehat dan segar.

6. Mengkonsumsi jamu tradisional
Selain contoh tadi anda juga bisa mengkonsumsi jamu tradisional buatan sendiri. Sebut saja jamu kunyit asam, jamu tradisional ini mampu untuk meredakan nyeri haid serta bisa menyegarkan tubuh. Kunyit asam juga mempunyai banyak manfaat dan membuatnya juga sangat mudah.

7. Mengkonsumsi obat nyeri haid
Jika cara alami tidak mampu membantu anda dalam meredakan nyeri haid, anda bisa mengkonsumsi pbat atau minuman yang bisa meredakan nyeri haid. Banyak sekali obat obatan yang bisa anda dapatkan di toko atau apotik sekitar anda, pastikan anda mengkonsumsi obat obatan atau minuman pereda nyeri haid dengan aturan yang sesuai.

Baca juga : 7 jenis makanan sehat untuk ibu menyusui

Itulah tadi 7 cara alami mengatsi nyeri haid berlebihan yang bisa anda coba, namun selain tips diatas anda juga bisa meluangkan waktu anda untuk beristirahat. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan anda serta bisa meredakan nyeri haid. Sekian dari artikel ini, semoga bermanfaat untuk anda semua.

Related Posts: