9 Obat Batuk Tradisional Dan Alami Sangat Manjur

9 Obat Batuk Tradisional Dan Alami Sangat Manjur

Obat batuk tradisional – Menurut informasi kesehatan batuk adalah salah satu jenis penyakit yang sudah umur dan sering menyerang siapa saja, dari kalangan dewasa hingga anak anak. Batuk terkadang menyerang ketika musim panas, apalagi Ketika musim hujan batuk akan menyerang disertai dengan gejala pilek. Batuk jenisnya bermacam macam, namun dari semua jenis batuk pasti sangat mengganggu kita saat sedang melakukan aktifitas hingga istirahat pun menjadi tidak tenang. Kalau tidak segera di obati maka batuk akan semakin bertambah parah.

Timbulnya gejala batuk karena di akibatkan oleh benda asing berupa debu dan kuman yang bersarang dan menyerang selaput lendir pada tenggorokan, maka terjadilah rasa gatal pada tenggorokan serta tubuh ingin mengeluarkan benda asing tersebut dengan cara batuk. Banyak cara pengobatan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan dan meyenmbuhkan batuk, seperti pengobatan dengan sirup atau juga obat batuk lainnya. Namun lebih baiknya pengobatan dilakukan dengan cara alami dan tradisional karena lebih aman, sehat dan tanpa efek samping.

9 Obat Batuk Tradisional Dan Alami Sangat Manjur

Obat Batuk Tradisional Dan alami


Berikut ini 9 macam obat batuk tradisional dan alami yang di percaya ampuh untuk menghilangkan batuk, antara lain :

1. Jeruk nipis
Manfaat jeruk nipis sangat banyak sekali, salah satunya bisa digunakan untuk mengobati batuk dengan jenis batuk apapun. Caranya cukupmudah yaitu siapkan jeruk nipis lalu potong setelah itu peras. Air perasan jeruk nipis bisa anda minum dengan dicampur sesendok madu atau kecap manis. Lakukan hal tersebut 2 hingga 3 kali sehari agar batuk cepat reda.

2. Jahe
Selain untuk mengahangatkan tubuh jahe juga dapat digunakan untuk mengobati batuk berdahak, caranya mudah cukup dengan membuat wedang jahe. Konsumsilah wedang jahe satu kali dalam sehari, lakukan secara rutin agar batuk cepat sembuh.

3. Kencur
Kencur sangat ampuh untuk mengobati batuk, caranya cukup mudah yaitu siapkan kencur dan jahe stelah itu parut kedua bahan tadi lalu anda tingga merebus kedua bahan dengan segelas air hingga mendidih. Setelah mendidih anda bisa menyaringnya lalu minum selagi hangat. Konsumsilah 2 kali dalam sehari agar batuk cepat redah.

4. Daun sirih
Ternyata daun sirih juga bisa untuk mengobati batuk berdahak, cara cukup mudah yaitu dengan mnyiapkan daun sirih dan beberap irisan jahe lalu campu dan rebus kedua bahan tadi hingga mendidih. Setelah mendidih anda tinggal meminumnya, lakukan hal tersebut sekali dalam sehari agar batuk cepat sembuh.

5. Belimbing wuluh
Buah belimbing wuluh yang memiliki rasa asam juga mampu untuk mengobati batuk, cara yaitu siapkan 10 biji belimbung wuluh lalu cuci hingga bersih, setelah itu parut hingga halus. Setelah halus masukan parutan belimbing wulu pada gelas dan berilah air serta garam secukupnya. Kemudian saring dan buang ampasnya, lalu kemudian anda tinggal meminumnya. Anda bisa meminum duakali sehari pada segelas rebusan belimbing wuluh. Lakukan secara rutin hingga batuk sembuh.

6. Kunyit
Kandungan antibiotic pada kunyit berfungsi untuk mengatasi peradangan pada saluran pernafasan yang menimbulkan batuk kering, sehingga kunyit mampu untuk mengobati batuk berdahak. Cara membuat kunyit untuk dijadikan sebagai obat batuk adalah siapkan bubuk kunyit satu sendok dan bubuk merica satu sendok. Setelah itu campurkan kedua bahan pada air yang mendidih. Lalu diamkan hingga hangat, setelah itu minumlah ramuan tadi supaya batuk anda cepat sembuh.

7. Cabe jawa dan madu
Cara sederhana yang bisa menyembuhkan batuk dengan bahan cabe jawa dan madu. Cara pembuatannya yaitu siapkan 6 gram cabe jawa lalu tumbuk hingga halus lalu campurkan dengan madu sebanyak satu sendok. Setelah itu anda tinggal meminumnya, konsumsilah sehari satu kali hingga batuk anda redah.

8. Asam jawa dan gula merah
Paduan asam jawa yang dicampurkan dengan gula merah mampu untuk menyembuhkan batuk, caranya dengan menyiapkan gula merah dan 10 daging asam jawa lalu aduk dengan segelas air panas. Setelah itu anda bisa meminumnya selagi masih hangat.

9. Jahe merah
Kegunaan jahe merah mampu untuk menyembuhkan batuk kering. Caranya cukup mudah hanya dengan mengunyah jahe merah dan menelan airnya lalu buanglah ampas jahe tersebut.

Baca juga : 7 cara ampuh menghilangkan bau badan

Itulah tadi cara tradisional dan alami untuk mengatasi dan menyembuhkan semua jenis batuk yang bisa anda coba salah satunya. Sekian dari artikel tentang 9 obat batuk tradisional dan alami sangat ampuh, semoga bermanfaat dan memberi solusi untuk mengatasi batuk yang anda alami.

Share this:

Disqus Comments