Cara Mengatasi Batuk Berdahak Secara Alami

Cara Mengatasi Batuk Berdahak Secara Alami

Batuk berdahak adalah sebuah penyakit yang sangat sering di alami oleh banyak orang. Penyakit batuk disebabkan oleh macam macam faktor, bisa juga dari virus atau kondisi cuaca. Apabila anda mengalami batuk yang berkepanjangan baik itu batuk yang berdahak maupun tidak berdahak, alangkah baiknya jika mewaspadainya. Hal tersebut sangat ditakutkan karena bisa jadi itu merupakan suatu gejala kanker tenggorokan, paru paru, bronchitis atau penyakit lainnya.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi batuk berdahak. Caranya bisa juga dengan minum obat atau terkadang penderitanya membiarkan begitu saja karena mereka berkeyakinan batuk tersebut akan sembuh sendiri. Batuk berdahak juga bisa disembuhkan dengan cara alami dan tradisional. Apabila menggunakan bahan alami untuk dibuat mengobati batuk berdahak sangat bagus karena tidak menimbulkan efek samping. Dari pada itu efek penyembuhan dari bahan alami juga tidak kalah cepat dengan obat moderen.

Cara Mengatasi Batuk Berdahak Secara Alami


Cara Mengatasi Batuk Berdahak Secara Alami


Berikut ini 4 macam tips sehat cara mengatasi dan mengobati batuk berdahak secara alami yang bisa anda coba :

1. Jeruk nipis
Mengkonsumsi jeruk nipis merupakan salah satu cara mengatasi dan menghilangkan batuk berdahak tersebut secara alami dan cepat. Banyak sekali masyarakat yang sudah menggunakan jeruk nipis sebagai obat batuk, karena cara ini adalah cara tradisional dan alami. Untuk membuat jeruk nipis sebagai obat sangat mudah sekali, yaitu dengan cara mencampurkan perasan air jeruk nipis dengan air hangat lalu di beri madu. Ada juga yang menggunakan air jeruk nipis dicampur dengan kecap untuk lebih simpelnya.  Metode ini sangat efektif sebagai cara mengobati batuk berdahak untuk anak anak maupun orang dewasa.

2. Teh jahe
Minuman yang satu ini cukup nikmat, anda bisa membayangkannya. Cara membuat the jahe juga sangat mudah, cukup dengan irisan jahe dicampurkan ke teh hangat. Cukup efektif minuman ini untuk mengatasi batuk berdahak. Ternyata cara yang satu ini sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Negara Negara di asia sejak lama. Ada baiknya jika mengkonsumsi teh jahe 2 kali sehari supaya batuk berdahak anda cepat mereda.

3. Kunyit
Kunyit juga sudah lama dipercayai oleh masyarakat Indonesia sebagai slah satu diantara banyak rempah di Indonesia yang bisa meredahkan batuk berdahak. Cara pembuatannya juga mudah, yaitu dengan menumbuk  kunyit lalu masukan kedalam segelas susu dan beri sedikit madu. Ramuan kunyit ini sangat efektif untuk menghilangkan dan mengatasi batuk berdahak.

4. Belimbing wuluh
Belimbing wuluh adalah buah yang berukuran cukup kecil meyerupai belimbing, namun warnanya hijau dan rasanya sangat asam. Belimbing wuluh adalah salah satu buah yang cukup efektif untuk mengobati batuk berdahak pada anak anak dan orang dewasa.  Untuk membuat ramuannya yaitu cukup mencampurkan belimbing wuluh dengan sedikit gula dan secangkir air, jangan lupa campurkan juga beberapa butir adas. Setelah itu rebus bahan yang sudah tercampur lalu saringlah airnya apabila ramuannya sudah dingin.

Baca juga : 10 jenis maknan terbaik untuk kesehatan otak

Dari beberapa macam cara tadi anda bisa mencoba salah satunya ketika anda sakit batuk. Siapa tahu dari beberapa cara tersebut bisa mengatasi dan menyembuhkan batuk berdahak yang anda derita. Sekian dari artikel tentang cara mengatasi batuk berdahak secara alami, semoga membantu dan bermanfaat untuk anda.

Share this:

Disqus Comments