11 Hal Yang Menyebabkan Berat Badan Naik

11 Hal Yang Menyebabkan Berat Badan Naik

Berat badan naik – Bosan jika anda melihat angka pada timbangan namun tetap saja menunjukan bahwa berat badan anda tetap saja tidak turun?. Mungkin anda ingin melakukan sebuah tindakan agar berat badan anda turun, sebelum itu ada baiknya jika anda mengetahui faktor apa saja yang membuat anda menjadi gemuk. Karena dengan begitu anda bisa mengetahui solusi yang cocok untuk menurunkan berat badan anda. banyak sekali orang yang berfikiran bahwa gaya hiduplah yang menyebabkan berat badan naik, tetapi hal yang sebenarnya yaitu suatu reaksi tubuh kita terhadap beberapa faktor yang tidak bisa kita kontrol.

Memiliki berat badan yang berlebihan hal itu memberikan banyak masalah, terutama kesehatan. Maka dari itu penting sekali bagi kita untuk menjaga kesetabilan berat badan dengan cara menjalani diet sehat. Menurunkan berat badan bisa anda imbangi dengan melakukan gaya hidup yang sehat. Bahayanya memiliki berat badan yang berlebihan bisa berdampak buruk pada kesehatan dan menimbulkan berbagai penyakit, seperti stroke, jantung dan diabetes.

11 Hal Yang Menyebabkan Berat Badan Naik


Hal Yang Menyebabkan Berat Badan Naik


Banyak faktor yang bisa menjadi sebab naiknya berat badan seseorang. Berikut 11 informasi kesehatan yang menyebabkan berat badan seseorang bisa berlebihan.

1. Kurangnya aktifitas fisik
Salah satu cara yang bisa menurunkan berat badan adalah dengan melakukan olahraga yang teratur. Hal tersebut merupakan kebiasaan sehat yang dan sangat baik. Oleh sebab itu apabila aktifitas fisik berkurang misalkan seperti olahraga dapat memicu berat badan menjadi naik. Apabila kita mau berolahraga maka bisa membantu kita dalam membakar lemak yang ada didalam tubuh sehingga dapat mengurangi berat badan. Olahraga yang dilakukan secara teratur juga bisa meningkatkan metabolisme pada tubuh dan juga sangat bermanfaat untuk mencegah lemak tertimbun di dalam perut.

2. Memilih sumber karbohidrat yang salah
Apabila kita terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat sederhana maka akan memicu naiknya berat badan. Karbohidrat terbagi menjadi dua, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Untuk karbohidrat kompleks diperkaya dengan banyak serat makanan dan mengandung rendah gula sehingga baik sekali apabila dikonsumsi oleh sesorang yang melakukan diet. Maka pilihlah makanan yang mengandung karobidrat kompleks apabila berat badan anda ingin turun.

3. Kurang tidur
Kurang tidur  sangat merugikan untuk kesehatan, seperti memicu kenaikan berat bdan, menurunnya fungsi otak dan menimbulkan penyakit bahaya seperti kanker. Apabila seeorang sering tidur malam pasti mereka akan merasakn lapar sehingga hal tersebut memicu untuk makan malam atau ngemil. Maka dari itu hal ini bisa menjadi penyebab berat badan naik. Apalagi maknan atau camilan yang kita makan mengandung gula dan lemak tinggi, hal tersebut sangat bahaya bagi tubuh.

4. Faktor genetik
Berat badan naik terkadang juga terkait erat dengan keturunan atau faktor genetik. Hal ini bukan untuk membuat seseorang berkecil hati karena sudah berketurunan gemuk. akan tetapi agar membuat anda selalu waspada agar lebih berhati hati ketika memilih makanan, pilihlan makanan yang sekiranya membuat berat badan tidak naik.

5. Efek dari obat obatan
Kenaikan berat badan dapat dipicu dari mengkonsumsi obat obatan seperti pil KB, antidepersan, obat diabetes, antipsikotik. Dari ebberapa obat obatan tersebut bisa memicu tubuh menjadi gemuk dengan mengubah fungsi pada tubuh dan otak yang bisa membuat lemak tersimpan didalam tubuh. Alangkah baiknya jika anda berkonsultasi lebih dulu apabila anda ingin mngekonsumsi obat obatan tersebut.

6. Diet yang salah
Diet yang salah seperti menjalani diet ketat dengan membatasi makanan dan asupan nutrisi justru terkadang bisa membuat orang mejadi semakin gemuk. hal tersebut dikarenakan tubuh kita membutuhkan nutrisi agar tubuh kita bekerja dengan baik. Jika asupan nutrisi tidak terpenuhi maka kita akan memakna lebih banyak kerbohidrat. Jika asupan karobohidrat lebih banyak maka akan memicu naiknya berat badan. Apalagi jika kita tidak mengkonsumsi makanan yang cukup, akan menyebabkan metabolisme didalam tubuh akan melambat sehingga membuat tubuh mulai menyimpan lemak.

7. Asupan lemak kurang terpenuhi
Banyak manfaat dan fungsi serat untuk tubuh kita, salah satunya yaitu melancarkan proses pencernaan sehingga pembuangan kotoran didalam tubuh bisa menjadi maksimal. Apabila kita kekurangan serat maka dapat mengakibatkan perut sembelit sehingga memicu timbulnya perut menjadi buncit. Serat juga berfungsi untuk membantu usus menjadi sehat dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

8. Stres
Dijaman sekarang banyak sekali tuntutan hidup yang terkadang membuat seseorang bisa menjadi mudah stres dan pada akhirnya mereka melampiaskan pada makanan. Maka langkah baiknya jika anda mengkonsumsi makanan yang tidak memicu naiknya berat badan. Agar anda tetap sehat tubuh tidak menyimpan banyak lemak dari makanan yang anda konsumsi.

9. Makanan manis
Jenis mkanan atau minuman manis memang sangat digemari oleh sebagian banyak orang karena sangat lezat dan apalagi dimakan ketika setelah makan. Namun hal tersebut juga sangat tidak baik untuk kesehatan karena bisa menimbulkan penyakit seperti obesitas. Maka dari itu hindarilah makanan yang mengandung tinggi gula serta makanan jenis karbohidrat sederhana.

10. Kurang minum air putih
Meminum air putih banyak sekali manfaatnya, seperti meningkatkan metabolisme didalam tubuh. Apalagi metabolisme yang sehat maka akan membuat pembakaran kalori pada tubuh akan menjadi maksimal dan penumpukan lemak didalam tubuh dapat tercegah. Disamping itu air putih juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

11. Asupan kaloriyang berlebihan
Naiknya berat badan bukan hanya dipicu dari makanan, namun dengan mengurangi asupan makanan yang mengandung kalori berlebihan adalah salah satu cara yang ampuh untuk menurunkan berat badan. Maka usahakan mengurangi maknan yang mengandung lemak yang tinggi.

Baca juga : Akibat mengkonsumsi mineral berlebihan

Demikian tentang hal hal yang bisa membuat berat badan naik, semoga artikel tentang 11 hal yang menyebabkan berat badan naik bisa bermanfaat untuk anda semua.

Share this:

Disqus Comments