9 Penyebab Metabolisme Semakin Melambat

Metabolisme semakin melambat – Pada kesempatan kali ini informasi kesehatan akan membahas tetang hal yang menyebabkan metabolisme semakin melambat. Metabolisme merupakan sebuah proses yang mengubah makanan dan minuman agar menghasilkan energy supaya dapat melakukan aktivitas. Apabila metabolisme dalam tubuh kita lancar maka pembakaran kalori di dalam tubuh pun juga akan lancar. Namun apabila metabolisme didalam tubuh kita melambat maka pembakaran kalori di dalam tubuh juga ikut melambat.

Apabila proses metabolisme pada tubuh melambat hal tersebut juga sangat berpengaruh pada penyebab gagalnya program diet yang dilakukan seseorang. Banyka sekali faktor yang mempengaruhi metabolisme seseorang menjadi lambat, misalnya seperti berat badan, usia, asupan gizi dan lain sebagainya. Apakah anda juga termasuk orang yang mempunyai metabolisme melambat ? jika iya ada beberapa macam penyebab spesifik lain yang membuat metabolisme anda melambat.

9 Penyebab Metabolisme Semakin Melambat


Penyebab Metabolisme Semakin Melambat


Berikut ini ada 9 penyebab metabolisme seseorang semakin melambat, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Kekurangan protein

Fungsi protei adalah berperan penting dalam menjaga kesehatan otot. Protein mampu untuk meningkatkan metabolisme pada tubuh sampai 35%. Oleh sebab itu usahakan mengkonsumsi makan makanan yang mengandung protein.

2. Kekurangan vitamin D
Vitamin D memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu membantu proses penyerapan kalsium dan untuk melancarkan metabolisme didalam tubuh. Sangat mudah sekali untuk mendapatkan asupan vitamin D, salah satunya dengan berjemur di bawah sinar matahari tanpa tabir surya. Usahakan jangan terlalu lama ketika berjemur dibawah matahari karena bisa berbahaya untuk kesehatan, dimana terlalu lama berjemur di bawah matahari akan mengakibatkan penyakit kanker kulit. Namun anda juga bisa mengkonsumsi 1 porsi ikan tuna dan segelas susu karena makanan dan minuman tersebut adalah sumber vitamin D.

3. Kekurangan zat besi

Zat besi memiliki nutrisi yang berperan penting dalam membawa oksigen ke otot yang fungsinya untuk membakar lemak yang sangat dibutuhkan tubuh. Apabila seseorang kekurangan zat besi makan akan menyebabkan lambatnya metabolisme dalam tubuh dan akan terasa cepat lelah. Terutama kepada kaum perempuan dimana mereka mengalamai menstruasi. Sumber zat besi bisa didapatkan dari daging dan sayuran.

4. Menghindari kafein
Ada sebuah penelitian dimana kafein dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga mencapai 4- 5% apabila dikonsumsi dengan baik dan benar serta tidak terlalu berlebihan.

5. Menghindari susu
Kalsium mempunyai pengaruh besar dalam melncarkan metabolisme dalam tubuh. Ada baiknya jika seseorang menghindari mengkonsumsi susu karena susu memungkinkan bisa memperlambat proses metabolisme pada tubuh. Ada baiknya jika anda mengusahakan untuk mengkonsumsi yogurt ketika sarapan pagi atau waktu makan siang supaya tubuh anda terpenuhi kalsium.

6. Mengkonsumsi alkohol
Mengkonsumsi alkohol sangat merugikan kesehatan kita, selain itu alkohol bisa memperlambat metabolisme tubuh hingga 73%. Maka hindarilah mngkonsumsi alkohol karena tidak baik untuk kesehatan.

7. Diabetes tipe2

Ada beberapa penelitian menemukan jika seseorang mengidap penyakit diabetes tipe 2 maka akan berakibat buruk pada kondisi tubuhnya. Karena metabolisme pada tubuhnya akan melambat jika dibandingkan dengan mereka yang normal tidak memiliki penyakit diabetes tipe 2 ini.

8. Massa otot rendah

Jika seseorang memiliki otot yang lebih besar terkadang cenderung mereka memiliki metabolisme yang sangat cepat pula. Karena hal tersebut otot lebih menggunakan energy yang lebih besar dibandingkan dengan lemak.

9. Sering melewatkan waktu makan
Kesalahn besar bagi sesorang yang melewatkan waktu makannya karena ingin langsing dan diet atau menurunkan berat badan. Jika seseorang melewatkan waktu makan maka akan berakibat melambatnya proses metabolisme didalam tubuh. Tubuh membutuhkan asupan kalori dalam jumlah yang cukup setiap harinya untuk membantu fungsi kerja tubuh. Oleh sebab itu penuhilah asupan kalori dengan benar supaya tubuh tidak mencari sumber makanan lain agar metabolisme pada tubuh berjalan baik.

Baca juga : 11 gejala penyakit deabetes atau kencing manis

Itulah tadi penyebab lambatnya metabolisme pada tubuh yang bisa anda pelajari. Masih banyak lagi hal hal tentang informasi kesehatan yang mungkin sangat bermanfaat untuk kita. Sekian dari artikel tentang 9 penyebab metabolisme semakin melambat, semoga artikel ini memberi manfaat dan petunjuk untuk anda semua.

Related Posts: