10 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

10 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Informasi kesehatan – Bermacam macam penyakit sering diderita oleh masyarakat pada umumnya, salah satunya yaitu penyakit sariawan. Sariawan sering diderita oleh banyak orang, memang penyakit yang satu ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Sariawan biasanya timbul pada rongga mulut diantaranya gusi, lidah, dan bibir. Bahkan sariawan biasanya menyerang lebih dari satu pada bagian rongga mulut dan hal tersebut sangat mengganggu penderitanya.

Pentingnya menjaga kesehatan sangat diperlukan agar tidak terjadi timbulnya penyakit pada tubuh kita.  Mulai dara gaya hidup, pola makan dan aktivitas. Sariawan memang sala satu penyakit yang tidak terlalu berbahaya namun bisa mengganggu aktivitas keseharian anda. rasa perih akan mengganggu anda ketika anda sedang makan atau minum. Maka dari itu anda tidak perlu khawatir karena berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi dan mengobati sariawan dengan cara alami.

10 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami


Cara Mangobati Sariawan Secara Alami


Berikut ini ada 10 cara untuk mengobati sariawan secara alami yang bisa anda coba, antara lain :

1. Menggunakan minyak kelapa dan madu
Anda bisa menggunakan minyak kelapa dan madu sebagai obat sariawan, carnya yaitu campurkan minyak kelapa dan madu lalu oleskan pada luka sariawan sebelum tidur. Cara tersebut juga dapat menyembuhkan penderita sariawan

2. Vitamin sebagai obat sariawan
Anda bisa mengkonsumsi vitamin yang dapat menyembuhkan sariawan, antara lain yaitu vitamin C, vitamin D, zat besi dan zat folat.

3. Memanfaatkan kunyit untuk obat sariawan
Kunyit adalah bahan rempah rempah yang bisa juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sariawan. Carnya yaitu dengan menghaluskan kunyit lalu campur dengan gliserin setelah itu oleskanlah bahan yang sudah tercampur tadi pada luka sariawan.

4. Mengobati sariawan dengan bawang putih dan papaya
Cara yang satu ini juga sangat mudah untuk digunakan mengobati sariawan, caranya yaitu dengan menempelkan bawang putih dan papaya pada luka sariawan. Pada pepaya mengandung vitamin c sedangkan pada bawang putih mengandung antiseptic yang mampu untuk membunuh bakteri dan kuman, sehingga keduanya bisa digunakan untuk mengobati penyakit sariawan.

5. Menggunakan parasetamol dan mefenamat
Anda juga bisa menggunakan obat parasetamol dan mefenamat sesuai dengan dosis yang tepat, serta anda juga bisa menggunakan obat kumur untuk mengobati sariawan.

6. Mengkonsumsi yogurt
Sariawan juga bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi yogurt, karena yogurt adalah susu yang telah mengalami difermentasi sehingga yogurt mengandung banyak bakteri yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia sebagai pengobatan. Maka dengan adanya bakteri tersebut sariawan yang anda derita akan cepat sembuh.

7. Memanfaatkan air kelapa
Banyak sekali manfaat air kelapa terutama untuk mengatasi dehidrasi serta melancarkan sistem pencernaan. Namun air kelapa juga bisa anda manfaatkan untuk mengobati sariawan, maka anda bisa mengkonsumsinya untuk mengobati sariawan yang anda derita.

8. Memanfaatkan daun jambu biji
Daun jambu biji juga bermanfaat untuk mengatasi dan mengobat penderita sariawan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengunyah daun jambu biji setelah itu berkumurlah.

9. Memanfaatkan garam dan baking soda
Anda juga bisa mengobati sariawan dengan membuat bahan pasta sendiri yaitu dengan bahan garam, baking soda dan air secukupnya. Setelah itu campurlah ketiga bahan tadi secara merata. Apabila bahan bahan tadi sudah tercampur lalu oleskan pada luka sariawan dan diamkan selama 10 menit lalu bersihkan dengan air bersih.

10. Memanfaatkan pisang dan madu
Pisang dan madu juga bisa digunakan untuk mengobati sariawan, caranya yaitu dengan menghaluskan pisang lalu campur dengan madu. Setelah tercampur lalu oleskan pada luka sariawan. Hal tersebut sangat efektif untuk mengobati dan mencegah peradangan pada sariawan.

Baca juga : 9 manfaat dan khasiat madu untuk kesehatan tubuh

Ternyata tanpa kita sadari banyak sekali manfaat dari bahan disekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk obat secara alami. Itulah tadi 10 cara mengobati sariawan secara alami yang bisa anda coba salah satunya. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu anda dalam mencari solusi mengobati sariawan, sekian terimakasih

Share this:

Disqus Comments