8 Resiko Bahaya Akibat Duduk Terlalu Lama

Resiko duduk terlalu lama – Duduk merupakan kegiatan wajar yang dilakukan oleh manusia sehari hari. Jenis duduk yang dilakukan orang orang bermacam macam, ada yang duduk bersila, duduk tegak dan banyak jenis lagi. Terkadang orang sedang duduk ketika mereka melakukan berbagai aktifitas dan kondisi. Yang paling umum adalah duduk ketika lelah melakukan aktifitas, sehingga memicu mereka untuk duduk. Misalnya bagi mereka yang sedang berkendara dan bekerja yang berhubungan dengan computer.

Dari rata rata orang mereka melakukan duduk untuk metode relaksasi menenangkan pikiran dan juga melepaskan lelah. Duduk bisa membuat kita berelaksasi lebih baik dan tubuh menjadi ringan karena beban menjadi ringan saat duduk. Tetapi duduk mempunyai batasan tertentu untuk tidak lama lama. Aktifitas dan duduk harus seimbang, tidak boleh lebih banyak duduk dari pada aktifitas karena duduk yang terlalu lama akan menimbulkan gejala penyakit. Menurut informasi kesehatan disarankan untuk tidak duduk melebihi 4 hingga 6 jam.

8 Resiko Bahaya Akibat Duduk Terlalu Lama


Resiko Bahaya Akibat Duduk Terlalu Lama


Berikut ini beberapa resiko akibat seseorang duduk terlalu lama yang akan menimbulkan berbagai penyakit, antara lain :

1. Dapat menyebabkan serangan jantung
Jika seseorang melakukan duduk terlalu lama bahaya yang akan timbul yaitu dapat menyebabkan terjangkitnya serangan jantung. Hal itu disebabkan oleh kerja jantung yang terganggu sehingga tidak normal karena duduk kelamaan.

2. Memicu kolesterol dan obesitas
Apabila seseorang duduk melebihi batas wajar maka akan memicu munculnya bahaya kegemukan sehingga menyebabkan kolesterol tinggi. Penyebabnya adalah metabolisme dalam tubuh tidak berjalan dengan baik serta pembakaran lemak tidak optimal sehingga lemak akan banyak tertimbun.

3. Otot pada tubuh terasa kaku dan pegal
Jika anda duduk terlalu lama maka otot pada tubuh anda akan kaku dan akan timbul rasa pegal. Hal tersebut diakibatkan karena kondisi tubuh pada posisi yang tetap tanpa ada gerakan. Jika kondisi seperti itu tidak dicegah dengan cepat maka otot akan kaku juga ketika melakukan aktivitas.

4. Menyebabkan letih yang berlebihan
Duduk yang terlalu lama juga mengakibatkan rasa letih yang sangat berlebihan. Rasa letih tersebut di akibatkan oleh tubuh yang kurang bergerak. Kondisi tersebutlah yang membuat tubuh anda merasakan letih terlalu berlebihan.

5. Menyebabkan terjadinya diabetes
Gejala yang disebabkan oleh duduk kelamaan adalah timbulnya gejala diabetes. Gejala diabetes tersebut juga berkaitan dengan obesitas dan kolesterol akibat duduk terlalu lama tanpa aktifitas gerakan.

6. Menyebabkan gejala kanker
Duduk jika terlalu lama serta posisi tubuh diam dan bergerak maka akan menimbulkan gejala kanker, karena duduk lama dapat memicu pertumbuhan serta perkembangan sesel kanker. Sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan bisa menyebabkan kematian.

7. Menyebabkan gangguan pada tulang
Hal yang terjadi jika anda duduk terlalu lama maka akan mengakibatkan gangguan pada tulang bagian belakang pada tubuh. Hal tersebut juga akan mengakibatkan pertumbuhan tulang tidak dan membuat tubuh menjadi bungkuk.

8. Menyebabkan mati rasa
Jika terlalu kelamaan duduk maka dapat menyebabkan mati rasa dan akan memunculkan rasa kesemutan terutama pada bagian kaki. Hal tersebut terjadi ketika seseorang sedang menonton tv selama berjam jam.

Baca juga : 6 cara cepat menurunkan demam tinggi

Nah itulah tadi 8 resiko bahaya akibat duduk terlalu lama yang bisa anda pahami. Maka dari itu usahakan lebih banyak gerak dari pada duduk sebelum anda mengalami dampak bahayanya. Sekian dari artikel kesehatan ini semoga bermanfaat untuk anda.

Related Posts: