9 Obat Flu Dan Pilek Secara Tradisional Dan Alami

9 Obat Flu Dan Pilek Secara Tradisional Dan Alami

Tips Kesehatan – Influenza atau lebih populernya dikenal dengan julukan flu atau pilek termasuk jenis penyakit yang sangat mudah menular. Menurut informasi kesehatan penyakit ini menyerang semua orang dan semua umur. Flu atau pilek terjadi pada seseorang karena disebabkan oleh infeksi virus influenza. Gejala umum orang terserang flue adalah sakit kepala, nyeri otot dan rasa demam pada tubuh. Flu atau pilek pada umumnya akan mempengaruhi beberapa anggota tubuh, seperti hidung, tenggorokan telinga, mata hingga menyebar ke saluran pernapasan dan paru paru.

Orang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah akan mengalami dan terserang flu lebih cepat. Hal tersebut dikarenakan oleh gaya hidup tidak sehat, kurangnya berolahraga, ketegangan dan stres, kurang istirahat dan tidur, beban kerja terlalu berat, tinggal di ruangan yang pengap sehingga terseranglah gejala flu. Namun anda jangan khawatir, karena flu bisa disembuhkan dengan cara tradisional, cara ini juga bisa membuat daya tahan tubuh anda menjadi meningkat. Berikut ulasan tentang cara mengatasi dan mengobati flu secara alami.

9 Obat Flu Dan Pilek Secara Tradisional Dan Alami


Obat Flu Dan Pilek Secara Tradisional Dan Alami


1. Tingkatkan mengkonsumsi vitamin C
Ketika anda sedang flu, daya tahan tubuh anda akan melemah sehingga sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin C. Fungsi dari vitamin C ini adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta meningkatkan sel darah putih yang berfungsi untuk melawan virus.

2. Memperbanyak asupan cairan
Salah satu obat terbaik yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan flu dan pilek yaitu dengan memperbanyak mengkonsumsi air. Makanan seperti sup kaldu ayam yang kaya akan cairan bisa juga anda konsumsi karena kandungan cairan pada sup bisa membantu anda meredakan flu.

3. Jahe
Kandungan senyawa pada jahe bermanfaat untuk menyingkirkan virus yang di sebabkan oleh influenza. Jahe juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta dapat membentuk senyawa antibakteri. Cara membuat jahe sebagai obat pilek yaitu cukup dengan membuat wedang jahe dicampur madu, mudah bukan.

4. Cabe rawit
Kandungan capsaicin pada cabe rawit dapat membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah yang fungsinya mengirimkan nutrisi dan vitamin dengan cepat keseluruh tubuh. Cabe rawit memiliki rasa pedas dan panas yang berasal dari capsaicin yang fungsinya untuk membantu mengencerkan serta mengurangi cairan yang menyumbat pada rongga hidung. Untuk anda yang memiliki gejala gangguan lambung tidak dianjurkan mengkonsumsi cabai rawit, karena berbahaya untuk kesehatan lambung anda.

5. Makanan dengan kandungan zinc
Tubuh sangat membutuhkan zinc, karena zinc adalah mineral yang sangat penting bagi tubuh. Makanan yang mengandung zinc yaitu telur, daging, kedelai, kacang, buncis. Dari jenis makanan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh karena dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga gejala pilek akan berkurang.

6. Bawang putih
Kandungan pada bawang putih terdapat senyawa kimia dan sifatnya sebagai antibiotic yang mampu untuk melawan virus. Selain itu bawang putih dapat meningkatkan sirkulasi darah yang mampu mengirim nutrisi penting dengan cepat ke seluruh jaringan sel sel tubuh. Oleh karena itu sertakan bawang putih pada makanan anda setiap harinya.

7. Kunyit
Manfaat kunyit yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sebagai antioksidan serta dapat melancarkan peredaran darah. Kunyit sangat efektif untuk menyembuhkan pilek, caranya yaitu dengan membuat minuman kunyit dicampur madu dan susu. Minumlah 3 kali sehari agar pilek yang anda derita cepat sembuh. Selain itu kunyit berfungsi untuk mengaktifkan fungsi hati.

8. Istirahat yang cukup
Usahakan anda memiliki waktu untuk istirahat agar kekebalan tubuh anda meningkat serta flu dapat cepat sembuh. Hindari sebisa mungkin tidur larut malam, karena hal tersebut sangat merugikan kesehatan anda.

9. Mandi dengan air hangat
Ketika seseorang mengalami gejala flu, Maka akan mengalami rasa demam dan sakit pada seluruh persendian. Maka ada baiknya jika anda melakukan mandi agar bakteri yang menempel pada tubuh hilang serta tubuh anda juga akan iku bersih. Lakukanlah mandi dengan menggunakan air hangat untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

Baca juga : 7 obat batuk tradisional dan alami

Dari beberpa tips tersebut dapat anda mencoba salah satunya sesuai mana yang anda sukai ketika anda sedang terserang gejala pilek dan flu. Sekian dari artikel 9 obat flu dan pilek secara tradisional dan alami, semoga memberi manfaat kepada anda semua.

Share this:

Disqus Comments